7 pelayanan prima

7 PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE).



     Pelayanan adalah proses membantu orang lain/pelanggan/nasabah dengan cara-cara tertentu, dimana sensitivitas dan kemampuan seseorang dibutuhkan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas yang ditentukan keakraban, kehangatan, penghargaan, kedermawanan dan kejujuran yang dilakukan oleh penyedia jasa/customer service (cs)/marketing/account office (ao).


     Sebuah budaya yang kuat, yang mewarnai sifat hubungan perusahaan dengan pelanggannya merupakan identitas yang sangat baik dalam memenangkan atau menarik perhatian pelanggan pengguna produk.


     Budaya dibentuk dari kumpulan sikap setiap karyawan dan manajemen dari suatu perusahaan, bila setiap orang yang bekerja diperusahaan itu mengutamakan kepuasan pelanggan, tanpa mengabaikan citra perusahaan yang bersangkutan, maka secara kolektif akan tampil sebuah lembaga dengan budaya yang mengutamakan kepuasan pelanggan, dan tentunya peruhaan tersebut akan maju dan berkembang.


     Apa yang bisa membuat pelayanan menjadi spesial?
Mari kita bahas 7 pelayanan prima.
Dibawah ini adalah hal-hal yang bisa membuat pelayanan menjadi spesial:

1. SMILE FOR EVERYONE, senyum adalah simbol universal dari keramahtamahan.

2. EYE CONTACT THAT SHOW WE CARE, kontak mata akan memperlihatkan ketulusan dan ketertarikan kita kepada pelanggan.

3. REACHING OUT TO EVERYONE WITH HOSPITALITY, berinteraksi dengan keramahtamahan akan membantu mengembangkan repeat bussines.

4. WIEWING EACH CUSTOMER AS SPECIAL, perlakukan setiap pelanggan sebagai tamu yang diundang kerumah, sehingga pelanggan akan merasakan suatu nilai dari setiap rupiah yang dikeluarkannya.

5. INVITING CUSTOMER TO RETURN WITH A SINCERE, kata magic yang kita berikan akan mendorong pelanggan untuk kembali dan menyampaikan kepada orang-orang terdekat tentang keramahtamahan perusahaan.

6. CREATING A WARM ATMOSPHERE OF HOSPITALITY, kepedulian kepada pelanggan akan menimbulkan suasana yang hangat dan nyaman.

7. EXCELLENCE IN EVERYTHING WE DO, mempertahankan sikap ini merupakan asset untuk mengembangkan sikap profesional.


     Keuntungan menerapkan budaya pelayanan prima diantaranya adalah pelanggan MAMPU MEMBEDAKAN PELAYANAN PERUSAHAAN DENGAN KOMPETITOR, MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS, MENGHARGAI LOYALITAS PELANGGAN, DAN MENCIPTAKAN PROMOSI DARI MULUT KE MULUT.


     Untuk menjaga kesinambungan budaya pelayanan prima diperlukan perhatian dari setiap individu terhadap kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki kompetensi yang diperlukan, memberikan respon yang cepat, aksesibilitas yang mudah, integritas, konsistensi, dan sopan santun.


Komentar