Penanganan keluhan nasabah

PENANGANAN KELUHAN NASABAH

Gambar ilustrasi penanganan keluhan nasabah

1. CARA MENANGGAPI KELUHAN NASABAH

  • Memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengutarakan kekecewaannya.
  • Mendengarkan keluhan secara seksama.
  • Ulangi keluhan itu dan dapatkan pemahan bahwa anda telah mendengarkan dengan tepat.
  • Tunjukan rasa empati kepada pelanggan/nasabah bahwa anda mengerti akan kekecewaannya.
  • Mintalah maaf untuk situasi tersebut.
  • Nyatakan bahwa anda telah siap handal untuk membantu.
  • Sampaikan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Periksa informasi.
  • Jelaskan pilihan solusi yang dapat memecahkan masalah.
  • Sampaikan kepada pelanggan/nasabah apa yang akan anda lakukan untuk masalah tersebut.
  • Ucapkan trimakasih atas keluhan yang disampaikan kepada perusahaan.

2. HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENANGGAPI KELUHAN NASABAH.
  • Tunjukan rasa empati.
  • Menyampaikan maaf.
  • Keseriusan menangani keluhan.
  • Ekspresi wajah.
  • Sikap tubuh.
  • Gerakan.
  • Intonasi suara.
  • Menyelesaikan masalah.
  • Mengucapkan terima kasih.

3. HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN AGAR NASABAH TIDAK KECEWA.
  • Selalu bersikap ramah dan memberikan senyum dengan tulus.
  • Tidak memberikan harapan/janji diluar kemampuan/kewenangan anda/perusahaan.
  • Tetap menjaga sikap sopan santun dan tidak emosi.
  • Bangga dengan jasa/produk dan layanan yang dimiliki perusahaan serta nama baik perusahaan.
  • Memberikan penjelasan produk/proses secara benar dan akurat.
  • Hubungi nasabah untuk menindak lanjuti informasi yang dijanjikan.



Komentar