Pak brow tau apa itu marketing?
Mari kita lihat secara seksama, apa yang menjadi filosopi (prinsip dasar) dari marketing.
●Filosofinya nih pak brow.
•Pemasaran harus menjadi konsep bisnis yang strategis yang bisa memberikan kepuasan berkelanjutan ya pak brow... bukan kepuasan sesaat.
•Pemasaran harus menjadi jiwa seluruh komponen perusahaan loh pak brow, bukan hanya monopoli fungsi pemasaran, tetapi setiap orang adalah pemasar.
•Setiap orang dalam perusahaan harus terlibat dalam proses pemuasan pelanggan, bukan hanya bagian marketing saja pak brow.
•Pelanggan yang puas akan melakukan pembelian ulang dan memberikan rekomendasi pada orang lain.
•Jangan memikirkan bagaimana caranya membuat supaya orang membeli (one time customer), tetapi harus dipikirkan bagaimana bisa mengikat menjadi pelanggan "seumur hidup". Ingat, seumur hidup loh pak brow.
•Menjaring konsumen baru tanpa memikirkan bagaimana mempertahankanya adalah sia-sia.
•Usaha memasarkan suatu produk yang paling mudah adalah kepada yang sudah pernah menggunakan (pelanggan setia nih pak brow), oleh karena itulah salah satu kesalahan besar dalam pemasaran adalah terlalu beratnya memperhatikan menjaring nasabah baru atau nasabah lama kurang di perhatikan. Berarti harus lebih teliti lagi ya pak brow.
KOMPONEN UTAMA PEMASARAN.
A. Strategi pemasaran.
B. Tekhnik pemasaran.
C. Nilai pemasaran.
A. Strategi pemasaran.
1. Segmentasi: pembagian pasar berdasarkan variabel tertentu, memilah pasar atau dasar perilaku, kebutuhan mereka, kemauan mereka yang sama. Ini penting banget pak brow.
2. Targeting: pak brow harus paham, memilih satu atau lebih segmentasi pasar yang dijadikan target operasi. ☆orang yang cocok dengan produk kita/ orang-orang yang efektif untuk membeli produk kita.
3. Positioning: posisi perusahaan yang di kehendaki ada di benak konsumen. ☆lebih baik paling murah,paling cepat,paling ramah,pokoknya yang berbeda dengan yang lain. Laris manis pak brow. 😂
B. Tekhnik pemasaran.
1. Deferensiasi: cara melakukan kombinasi trategi dari segala aspek yang membedakan dengan perusahaan lain. ☆senyum,sapaan yang khas dari pegawainya,welcome drink,pelayanan yang customized/khusus,dll. Ini termasuk ATTITUDE pak brow.
2. Marketing mix: PRODUK (Lebih komplit,lebih baik), HARGA (lebih tinggi,tawar menawar,pemberian insentif), TEMPAT (jauh,dekat, khusus/nyaman), dan PROMOSI (masal,brain washing,individu,komunikasi dua arah). Kalau ini adalah kualitas dan kuantitas ya pak brow.
3. Selling: cara/upaya untuk membuat konsumen membeli (meyakinkan pembeli,memberikan informasi,menjual solusi,memberikan benefit,di goda dengan iming-iming promosi). Ini bisa di sebut dengan SKILL pak brow.
C. Nilai pemasaran.
1. Brand: berkaitan dengan bagaimana meningkatkan citra perusahaan, sehingga pada akhirnya brand ini bisa menjadi equity.
2. Service: berkaitan dengan bagaimana meningkatkan mutu pelayanan. Berikan pelayanan yang terbaik pak brow.
3. Proses: berkaitan dengan bagaimana membuat setiap karyawan terlibat dalam proses pemasaran/pemuasan pelanggan baik langsung maupun tidak langsung.
Untuk Melakukan implementasi 3 komponen marketing tersebut terlebih dahulu pak brow harus mengetahui situasi persaingan, dan beberapa situasi persaingan dapat di kelompokan sebagai berikut:
1. Stabil: suatu kondisi dimana belum ada kompetitor (2C yaitu hanya ada company dan customer) ☆monopoli☆production oriented☆ciri-ciri (standarisasi produk,distribusi masal).
2. Terganggu: suatu kondisi dimana ada kompetitor (3C yaitu customer, company, dan competitor) ☆ologopoli☆selling oriented☆ciri-ciri (penjualan persuasif, tenaga sales yang handal pakai promosi, iklan yang gencar).
3. Rumit : sama dengan point dua tapi dengan persaingan yang kuat/ganas, bahkan tidak kelihatan/diam-diam, ☆marketing oriented☆ciri-ciri (tak menjual secara masal, produk di buat berbeda-beda sesuai kebutuhan/keinginan pasar, produk banyak pilihan/subtitusi, informasi lebih transfaran, dilayani secara khusus).
4. Kacau: banyak pesaing baru/pesaing tak langsung/pesaing global, promosi menggunakan tekhnologi informasi, informasi yang canggih.☆terjadi perubahan customer,punya banyak informasi,banyak pilihan,punya bargaining position,perusahaan memperhatikan kemauan dan kebutuhan customer bahkan harapan/keinginan customer.
Oke pak brow semoga bermanfaat, salam SUKSES.
Komentar